Cari Blog Ini

Project Katalis: Apps Menemukan Taman Kota Tersembunyi

KOMPAS.com - Project Katalis adalah sebuah platform untuk mempertemukan dan mendorong kolaborasi antara para pegiat gerakan sosial (social movement) dengan para developer aplikasi untuk menciptakan solusi teknologi yang bertujuan mendukung gerakan tersebut memiliki dampak yang lebih besar. 

Program ini mengambil semangat Sumpah Pemuda yang bertujuan untuk mempersatukan pemuda untuk bergerak menuju Indonesia lebih baik.

Dengan semakin sedikitnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, masyarakat semakin sulit untuk mendapatkan hak mereka beraktivitas dan bersantai di taman-taman. 

Selain sedikit, akses yang ada juga tidak dibuka dengan lebar oleh pemerintah selaku pemilik dan pengelola taman kota.

Sebuah gerakan bernama HiddenPark kemudian mencoba mendorong orang untuk berkunjung dan beraktivitas di taman, dengan cara mempromosikan taman-taman dan menghidupkan berbagai kegiatan seperti olahraga, piknik, sampai nonton film di taman! 

Bukti nyata kiprah HiddenPark terlihat di Taman Langsat dan Taman Kota Tebet. Taman-taman tersebut mulai didatangi pengunjung berkat kampanye HiddenPark.

Baca selengkapnya di: http://ziliun.com/id/articles/hiddenpark-memberi-nyawa-untuk-taman-kota 

Untuk mendorong lebih banyak orang berkunjung ke taman, Hidden Park bermimpi untuk mempunyai sebuah aplikasi yang dapat memuat seluruh nama dan lokasi taman kota di Jakarta lengkap dengan informasi dan rating mengenai fasilitas, kebersihan, keamanan, desain, dan akses, hingga jadwal berbagai aktivitas seru yang ada di taman.

Selain untuk mendorong lebih banyak orang berkunjung ke taman, Hidden Park juga ingin membuat orang merasakan manfaatnya punya Ruang Terbuka Hijau yang aman dan nyaman. 

Karena dengan menghargai taman, kita akan semakin menghargai bumi dan lingkungan kita, sekarang dan di masa depan.

Developer, apakah kalian tertantang untuk membuat aktivitas di taman kota jadi lebih menyenangkan?

Tertarik untuk membantu gerakan-gerakan sosial dalam Project Katalis? Daftarkan diri Anda melalui katalis.ziliun.com.

KompasTekno merupakan rekanan media untuk Project Katalis. Dalam beberapa hari ke depan profil gerakan sosial dalam Project Katalis akan ditampilkan di KompasTekno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.