AMD Resmikan Prosesor APU Carrizo

SINGAPURA, KOMPAS.com - Pabrikan hardware AMD memperkenalkan dua SoC (System on a Chip) baru di ajang Future of Compute yang digelar di Singapura, Kamis (20/11/2014).

Kedua SoC tersebut mengusung nama "Carrizo" untuk konsumen yang mengunggulkan performa dan "Carrizo-L" untuk kelas mainstream.

Carrizo dan Carrizo-L akan menjadi bagian dari prosesor Accelerated Processing Unit (APU) Mobile milik AMD yang akan bisa dinikmati konsumen di paruh pertama tahun 2015 nanti.

AMD akan menggandeng sejumlah rekanan pabrikan hardware dan software-nya untuk mengembangkan produk komputasi yang komplit, mulai dari peranti komputer untuk tugas pekerjaan sehari-hari, bermain game, hingga multimedia yang mendukung grafis resolusi 4K.

Beberapa fitur yang dimiliki antara lain dukungan Microsoft DirectX 12, OpenCL 2.0, AMD Mantle, AMD Freesync, dan mendukung sistem operasi Microsoft masa mendatang, Windows 10.

"Dengan Carrizo, AMD ingin memberikan pengalaman komputasi yang hemat daya namun bertenaga untuk beragam sistem," demikian ujar Joe Macri, Chief Technology Officer, AMD saat memperkenalkan Carrizo ke sejumlah media yang menghadiri ajang "Future of Compute" di Singapura.

Ditambahkan oleh Joe, selain mampu mereduksi daya, Carrizo juga bisa meningkatkan tenaga sekaligus memberikan keamanan yang unggul karena semua perangkat klien akan mendapatkan keamanan kelas enterprise

Prosesor Carrizo  akan mengintegrasikan CPU baru dengan sandi "Excavator" dan grafis AMD Radeon pertama yang mengusung konsep Heterogeneous Systems Architecture (HSA) 1.0.

Sementara SoC “Carrizo-L” akan menggunakan CPU dengan sandi "Puma+" dengan GPU Radeon R-Series GCN untuk konfigurasi sistem mainstream.

Sistem keamanan AMD Secure Processor juga akan diintegrasikan ke dalam APU “Carrizo” dan “Carrizo-L,” sehingga konsumen dapat mendapat perlindungan keamanan kelas enterprise, ARM TrustZone untuk pengguna kelas konsumer.

AMD berharap dengan APU Carrizo tersebut, pabrikan hardware akan semakin mudah dalam merancang beragam produk sistem mobile untuk kalangan komersil dan konsumer.

Carrizo dan Carrizo-L direncanakan akan dirilis oleh AMD di rentang semester pertama 2015. Sementara produk-produk pendukungnya, seperti laptop dan sistem PC All-in-One yang mengusung APU terbaru AMD ini dijadwalkan sudah mulai dijual pada pertengahan tahun 2015.

Komentar

Pos populer dari blog ini

Manfaat perusahaan penyewaan mobil

Seminggu Penuh Mode

LiFi, WiFi Berbasis Cahaya Berkecepatan 100 Gbps